Elang Bondol

Written By Administrator on Rabu, 14 Januari 2015 | 22.29

Elang Bondol
Saya baca-baca dari berbagai sumber, Elang Bondol atau Brahminy Kite (Haliastur Indus), atau juga dikenal sebagai red back sea eagle adalah burung elang laut yang bagian belakang tubuhnya berwarna merah kecoklatan dan dari kepala sampai leher menutupi dada bulunya berwarna putih merupakan burung elang yang berukuran sedang dan merupakan jenis elang yang dilindungi.

Nah, sudah jelas kan sob, tidak seperti Elang Hitam yang memang hidup dipegunungan, elang ini merupakan jenis elang yang dilindungi dan elang laut pula, sedangkan  Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang tidak mempunyai daerah laut...jadi bagaimana kira-kira kalau hewan ini ada di Sumedang ?? jawabannya ya...kalau tidak segera diserahkan secara sukarela pastinya akan segera disita oleh pemerintah, bukan begitu ?? seperti Elang Bondol ini yang telah diserahkan oleh pemiliknya secara sukarela dan kabarnya burung ini sekarang ditempatkan di Kebun Binatang Kabupaten Bandung.

Terlepas dari itu semua, mari kita belajar menyayangi binatang dengan sewajarnya...kenapa saya katakan demikian ?? kadang saya berpikir apa manusia selain harus berprikemanusiaan juga harus berprikehewanan  kah ?, maksudnya menempatkan diri dan memposisikan diri sebagai hewan, tenggang rasa, meneggang rasa...kalau kita jadi hewan liar (dalam kasus ini burung) yang biasa terbang bebas dalam menikmati dunianya, tiba-tiba dikurung kira-kira bagaimana rasanya ?? meskipun diberi makan rutin secara gratis tiap hari juga saya rasa kita tidak akan mau ya (kalau mau seperti itu tinggal masuk penjara saja), karena banyak yang berdalih saya mengurungnya justru untuk memberi dia makan secara rutin karena diluar belum tentu ia dapat, saya mengurungnya justru karena kagum akan kegagahannya dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengaguminya juga, dan lain-lain.

Hal seperti itu pastinya sudah banyak juga yang membahas, tinggal kesadaran dan kepedulian kita saja...sekali lagi, mari kta menyayangi binatang dengan sewajarnya, apalagi untuk binatang yang dilindungi seperti di atas, biarkan ia bebas jika memang sayang...biarkan ia terbang jika memang ingin mengagumi kegagahannya...setuju tidak sob ??

Share this article :

1 comments:

  1. bagaimana klau kta merawat elang yg sakit (sayap patah) apakah kta hrus melepaskan jga biarkan dia mncari mkan sndiri dgn kondisi syapnya patah?tlong d bri pncerahan soalnya sya menemukan elang Bandol yg syap sebelahnya patah uda dua bln lbih sya merawatnya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

 
Support : Cara Merawat Burung Elang
cara merawat burung elang, burung elang jawa, cara memelihara burung elang, makanan burung elang, jenis-jenis elang, perawatan burung elang, penyakit burung elang, melatih burung elang, menjinakan burung elang